7 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Buahpedia.com - Siapa yang tidak kenal dengan buah manggis?? Buah manggis memiliki nama latin Garcinia mangostana. Buah manggis termasuk buah musiman. Buah ini tumbuh di daerah tropis, serta dipercaya berasal dari negara Indonesia. Buah manggis memiliki rasa yang manis dan asam. Kulit buah berwarna keunguan, daging buahnya berwarna putih, serta memiliki biji pada daging buahnya.


Belakangan ini manggis sangat terkenal sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang berbahaya. Tidak hanya kulit buahnya saja yang dapat dijadikan obat, tetapi juga buahnya pun mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan buah manggis mengandung banyak nutrisi, seperti: vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, zat besi, niasin, protein, folat, serat, kalsium, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah manggis:

1. Mencegah kanker

Pada buah manggis mengandung polifenol atau xanthones. Polifenol atau xanthones ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, memperlambat penuaan, serta menangkal penyakit. Buah manggis ini sering digunakan untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker.

2. Dapat menurunkan berat badan

Buah manggis kaya akan serat sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Cocok dijadikan sebagai menu diet.

3. Mengobati flu dan infeksi

Kandungan vitamin C pada buah manggis dapat memberikan perlawanan pada infeksi dan flu.

4. Untuk perkembangan janin

Kandungan folat pada buah manggis sangat baik untuk perkembangan janin serta evolusi sel-sel yang baru tumbuh.

5. Mencegah penyakit jantung

Buah manggis mampu memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah melalui antimikorbial dan antioksidan yang ada pada buah manggis, setelah kondisi jantung sehat maka risiko terkena penyakit jantung pun berkurang.

6. Mengatasi batu ginjal

Dengan mengkonsumsi buah manggis minimal 3 ons setiap hari, dapat mencegah batu ginjal karena dengan mengkonsumsi buah manggis dapat melancarkan buar air kecil.

7. Menurunkan kolesterol

Kandungan xanthones pada buah manggis mampu untuk mengurangi kadar kolesterol darah.

0 Response to "7 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel