4 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan

Buahpedia.com - Buah cermai memiliki nama latin Phyllanthus acidus. Buah cermai sering kita jumpai, terutama di daerah pedesaan. Buah cermai ini bentuknya kecil-kecil, berwarna hijau di saat masih muda, dan berangsur-angsur berubah menjadi kekuning-kuningan saat sudah masak. Buah cermai memiliki rasa yang masam, bisa kita makan saat masih segar, bisa juga kita buat manisan.


Kandungan buah cermai, antara lain: vitamin C, energi, air, protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, thiamin, riboflavin. Di balik rasa masam pada buah cermai, ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain buahnya, daun, kulit akar, dan biji cermai juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Manfaat dari buah dan daun cermai antara lain:

1. Menyembuhkan asma

Caranya adalah: ambil 6 butir buah cermai, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam akar kara, dan 8 butir buah lengkeng. Cuci bersih semua bahan tersebut, lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu rebus tumbukan bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air, tunggu sampai mendidih dan airnya tinggal 1 gelas. Setelah dingin minumlah rebusan air tersebut dengan menambahkan air gula secukupnya.

2. Mengobati kanker

Ambil daun cermai muda 1/4 genggam, daun belimbing 1/3 genggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gula enau 3 jari. Cuci bersih semua bahan tersebut, kemudian rebus dengan 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan iarnya tinggal 3/4. Setelah dingin, saring dan minumlah air rebusan tersebut sehari 3x.

3. Melangsingkan tubuh

Minumlah rebusan daun cermai, tapi hanya sesekali saja. Jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu yang lama, karena efek dari kandungan daun cermai ini bekerja sangat kuat.

4. Mengatasi sembelit

Ambillah biji cermai sekitar 3/4 sendok teh, cuci bersih lalu tumbuklah hingga halus. Kemudian seduh dengan 1/2 gelas air panas. Selagi masih hangat, tambahkan 1 sendok madu, aduk sampai merata, lalu diminum.

0 Response to "4 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel