Cari Tahu Manfaat Buah Semangka Dan Kandungan Nutrisinya, Cek Faktanya Di sini!

Buahpedia.com - Hallo sobat Buahpedia, kali ini saya akan membahas seputar buah semangka. Siapa sih sis yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan buah semangka?

Manfaat buah semangka
Buah Sejuta Umat Kaya Manfaat

Di kala musim kemarau, saat siang hari paling enak makan buah semangka. Rasa yang manis serta kandungan air yang tinggi membuat kita tak terasa dahaga lagi.

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan.

Buah ini sangat mudah untuk kita jumpai, baik di pasar tradisional, supermarket, maupun swalayan. Harganya pun terbilang relatif ramah di kantong ya sis.

Tanaman semangka termasuk jenis tanaman merambat, rambatannya bisa mencapai belasan meter. Buah ini biasa dimakan langsung dalam keadaan segar, dibuat jus, maupun dibuat salad buah.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung dari jenisnya, semangka ada yang memiliki daging buah yang berwarna merah atau kuning.

Lalu apa saja kandungan buah semangka? Berdasarkan dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, kandungan buah semangka sangat lah banyak, serta dapat memengaruhi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan nutrisi buah semangka
Nutrisi dalam 1 gelas air

Dari sebuah penelitian dikatakan bahwa dalam 1 cangkir air hasil sari buah semangka mengandung berbagai macam nutrisi, sebagai berikut :



  • 43 Kalori
  • 0% Lemak
  • 2 miligram Sodium
  • 11 gram Karbohidrat
  • 9 gram Gula
  • 1 gram Serat
  • 17 % Vitamin A
  • 21% Vitamin C
  • 2% Zat besi
  • 1% Kalsium
  • 92% Air

Dengan kandungan nutrisi yang begitu banyak, manfaat buah semangka ini pun juga banyak sekali lho sobat.

Berikut adalah manfaat buah semangka bagi kesehatan kita :


1. Mencegah dehidrasi


Karena kandungan air pada semangka mencapai 92%, semangka sangat cocok untuk mencegah dehidrasi di saat kebutuhan air dalam tubuh tidak dapat terpenuhi.

2. Menjaga kesehatan mata


Kandungan vitamin A pada buah semangka dapat membantu menjaga kesehatan mata kita. Dengan mengkonsumsi 100 gram semangka secara rutin, dapat membantu mempertajam penglihatan mata. Selain itu, mata juga tidak mudah mengalami gangguan kesehatan, seperti rabun.

3. Meningkatkan kerja otak


Kandungan vitamin B6 pada semangka memiliki peranan penting untuk membantu otak menjalankan fungsinya.

4. Mengandung Likopen


Segelas jus semangka mengandung sekitar 1.5 kali lebih banyak likopene dibandingkan dengan sebuah tomat besar. Likopene merupakan suatu antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan pada sel akibat radikal bebas.

Selain itu likopene juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Likopene juga dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kanker.

5. Dapat mengurangi nyeri otot


Banyak penelitian yang membuktikan bahwa segelas jus semangka dapat mengurangi nyeri otot. Meminum jus semangka sebaiknya setelah melakukan olahraga atau workout.

6. Membantu menurunkan berat badan


Semangka merupakan buah yang rendah kalori serta tinggi kandungan airnya sehingga dapat membantu menurunkan berat badan anda. Semangka juga dapat dimasukkan pada menu progam diet kalian.

Fakta buah semangka
Fakta buah semangka

Berikut adalah fakta buah semangka yang mungkin belum sobat Buahpedia tahu :


Tahukah kalian jika buah semangka ini digolongkan sebagai buah dan sayur? Selama ini pasti sobat mengira kalau buah semangka ini tergolong sebagai jenis buah. Tapi, buah semangka juga termasuk kategori sayur lho sobat.

Kenapa bisa dikatakan sayur? Soalnya semangka ini tumbuh layaknya buah pada umumnya, yakni berawal dari bunga. Di sisi lain, semangka tumbuh di kebun bersama sayuran lain. Semangka ini termasuk keluarga labu atau masih saudara dengan timun dan labu.

Biasanya kita memakan buah semangka ini hanya daging buahnya saja. Tetapi, ada fakta lain dari buah semangka ini. Buah semangka dapat dimakan seluruhnya. Di Cina, kulit semangka biasanya digoreng atau direbus. Sedangkan di Timur Tengah, biji semangka biasanya dikeringkan lalu dipanggang untuk dijadikan camilan yang enak.

Petani di Jepang dapat menanam semangka dengan berbagai bentuk yang tidak sama seperti semestinya. Petani di Jepang berhasil menanam semangka dengan bentuk kotak, hati, bahkan bentuk wajah. Semua itu membutuhkan waktu sekitar 40 tahun sampai dapat menghasilkan semangka unik ini.

Setidaknya terdapat 1200 jenis semangka di dunia. Yang tidak asing bagi kita adalah jenis semangka yang berwarna merah, kuning dan oranye. Semangka dengan daging buah berwarna kuning biasanya memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan semangka yang memiliki daging buah berwarna merah.

Itulah tadi sedikit mengenai buah semangka. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian.

0 Response to "Cari Tahu Manfaat Buah Semangka Dan Kandungan Nutrisinya, Cek Faktanya Di sini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel