Cara Menanam Buah Belimbing Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah

Buahpedia.com - Buah Belimbing dewi merupakan salah satu jenis buah belimbing lokal dengan kualitas internasional. Buah belimbing dewi mempunyai ukuran buah yang besar. Setiap buah belimbing dewi memiliki ukuran kira-kira 10-15 cm dengan berat rata-rata 200-250 gram. Buah belimbing dewi mempunyai warna yang cantik yakni warna kuning yang lebih dominan oranye sangat cantik sekali. Buah belimbing dewi ini juga mempunyai rasa yang sangat manis dengan kandungan air yang sangat tinggi.

Cara Menanam Buah Belimbing
Cara Menanam Buah Belimbing

Tanaman belimbing dewi merupakan jenis belimbing lokal yang termasuk dalam tanaman keras dan terkenal dengan sifatnya yang genjah. Daunnya berukuran kecil berbentuk oval denga ujung agak lancip. daunnya berwarna hijau tua. Batang dan cabangnya berbentuk bulat melingkar berwarna coklat kehitaman. Buah belimbing dewi mempunyai bentuk yang proporsional, kulit buahnya berwarna kuning jingga dan mengkilap. Tanaman buah berbatang keras ini baik ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Selain dapat dikebunkan dapat juga dibudidayakan di dalam pot atau tabulampot belimbing dewi, Perawatannya tidak sulit dan sangat mudah berbuah.

Berikut ini adalah Cara Menanam Buah Belimbing Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah :


1. Pemilihan bibit


Pilih bibit dari hasil okulasi atau penyambungan yang berlabel dari penangkaran terpercaya.
Pilih bibit yang sehat dan tumbuh baik. Bibit okulasi yang sehat memiliki ciri batang mulus dan bebas dari bercak-bercak akibat serangan cendawan atau bakteri, hanya terdapat satu atau sedikit lengkungan bekas tempelan mata.

Pilih bibit dengan tajuk yang rimbun, subur, dan tampak segar. Hindari memilih bibit dengan kondisi daun ytang cacat, berlubang, dan tampak bercak-bercak akibat serangan hama dan penyakit.
Bibit telah berumur enam bulan atau lebih,tinggi bibit antara 60-70 cm dan diameter batang 1-1,5 cm, bentuk batang lurus dan tidak bercabang, serta warna daun hijau mengilap dan telah membentuk 3-5 flush.

2. Pengolahan Lahan


Tentukan areal lahan yang strategis dan subur, cara pengolahan lahan (pembajakan/pengarukan dan pencangkulan) tanah lahan cukup dalam antara 30–40 cm hingga gembur, kemudian dikeringanginkan selama 15 hari. Tambahkan pada tanah lahan yang telah diolah pupuk kandang yang matang dan halus sebanyak 2 kg/m2 kemudian rapikan bedengan sambil dicampurkan dengan tanah atas secara merata, dan dirapikan dengan alat bantu papan kayu atau bambu atau cangkal dan selanjutnya lahan siap ditanami.

3. Tahap Penanaman Bibit


Penentuan jarak tanam dan pola tanaman dalam budidaya buah belimbing sanagt relatif, tergantung pada luas lahan yang ada. Secara umum, jarak tanam antara satu tanaman belimbing dibuat sekitar 6 x 6 meter. Atau dapat digunakan jarak dari 5 x 5 m dengan pola tanam dalam bentuk budaya perkebunan secara permanen dan intensif.

4. Tahap Pemeliharaan


Pertumbuhan tanaman yang optimal diperoleh melalui pemeliharaam yang intensif. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam pemeliharaan tanaman buah adalah penyiraman, pemupukam, pemangkasan,dan pembungkusan buah.

5. Tahap Pemupukan


Pemupukan untuk tanamamn belimbing dewi yang ditanam dilahan sebagai berikut.


  • Umur 3 bulan setelah tanam: 25 kg pupuk kandang dengan 50 g NPK/pohon.
  • Umur 1 tahun : 25 kg pupuk kandang dan 150 g NPK/ pohon.
  • Umur 2 tahun : 50 kg pupuk kandang dan 500 g NPK/ pohon.
  • Umur >3 tahun :75 kg pupuk kandang dan 1 kg NPK/ pohon.


6. Tahap Panen


Belimbing dewi mampu berbuah sepanjang tahun, tetapi panen besar biasanya hanya dilakukan 3-4 kali dalam setahun. Belimbing dewi tergolong buah non-klimakterik sehingga kualitas buah sangat ditentukan pada kondisi saat dipanen. Pemanenan buah dapat diperkirakan dari periode muncul bunga hingga buah siap panen, yaitu berkisar 70-75 hari.

Ciri buah belimbing yang sudah saatnya dipanen adalah ukurannya besar (maksimal), telah matang dan warna buahnya berubah dari hijau menjadi kuning orange. Pemanenen sebaiknya dilakukan pagi hari antara pukul 06.00-09.00 atau sore hari antara pukul 15.00-17.00 untuk menghindari panas lapang yang berlebih.

Referensi: jualbenihmurah.com

0 Response to "Cara Menanam Buah Belimbing Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel