Cara Menanam Buah Mangga Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah

Buahpedia.com - Ketika musim mangga tiba, buah ini banyak dijajakan diberbagai tempat, mulai dari pinggir jalan, pasar tradisional bahkan hingga pasar swalayan, hal ini karena begitu banyaknya penggemar buah mangga. Penggemar buah mangga pastinya akan kepincut dengan jenis buah magga yang satu ini. Yups, buah mangga ini memiliki keistimewaan dengan rasa yang sangat manis dan berdaging lembut dengan sedikit serat bahkan tanpa serat. inilah mangga Namdokmai Golden. Buah mangga namdokmai mempunyai tampilan kulit buah berwarna kuning dengan daging buah yang tebal, warna daging buah yang cenderung kuning hingga oranye dan berbiji yang tipis alias gepang yang membuat penggemarnya untuk selalu menikmati buah istimewa ini.

Cara Menanam Buah Mangga
Cara Menanam Buah Mangga

Mangga namdokmai merupakan perbaikan dari mangga okyong yang lebih dahulu masuk ke Indonesia. Perbaikan itu terutama terlihat dari kemampuan berbuah mangga namdokmai yang lebih awal (genjah), jumlah buah per tandan yang lebih banyak, dan ukuran buah yang lebih besar daripada mangga okyong. Tanaman mangga Namdokmai ini terbilang cukup genjah dan mampu berbuah pada umur 2,5 tahun sejak tanam (jika bibit yang dighunakan berupa bibit okulasi mata tempel).

Syarat Tumbuh Mangga Namdokmai


Mangga Namdokmai dapat tumbuh optimal pada dataran rendah hingga dataran menengah dengan ketinggian < 600 m dpl. Ketinggian ideal untuk budidaya mangga namdokmai adalah ketinggian antara 0-300 m di atas permukaan laut.

Budidaya Mangga Namdokmai


Tanaman buah mangga namdokmai dapat tumbuh dengan baik di lahan pada dataran rendah ataupun dataran tinggi. Selain dibudidayakan dilahan mangga namdokmai juga dapat dibudidayakan di dalam pot atau sering disebut dengan tabulampot mangga namdokmai. Perawatannya tidak sulit dan sama mudahnya dengan mangga biasa. Dengan perawatan yang baik, tanaman mangga namdokmai akan menghasilkan buah yang berkualitas dan panen yang maksimal. Nah, Bagi anda yang ingin berkebun mangga, Namun hanya memiliki lahan yang terbatas, Mangga namdokmai dapat menjadi solusi yang tepat untuk anda.

Berikut ini adalah Cara Menanam Buah Mangga Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah :


1. Pemilihan Bibit Mangga Namdokmai


Dalam budidaya mangga namdokmai sebaiknya memilih bibit mangga yang memiliki kualitas unggul. Pilihlah bibit mangga namdokmai dengan batang bawah yangsudah kuat dan mempunyai daya tahan tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan dan batang atas yang mempunyai produktifitas tinggi. Tinggi bibit mangga chokanan antara 60 – 80 cm dan minimal telah berumur sekitar 6 bulan. Warna daun hijau mengilap dan telah membentuk tiga flush. Pilihlan bibit mangga namdokmai yang terbebas dari hama dan penyakit.

2. Pengolahan Lahan


Lahan atau media tanam yang akan digunakan untuk budidaya mangga namdokmai harus bersih dari semak belukar dan juga gulma. Proses pengolahan lahan sebaiknya dilakukan sebelum musim hujan. Jarak ideal untuk menanam mangga namdokmai adalah 5 m x 5 atau 6×6 meter dengan populasi sekitar 277 pohon untuk luas lahan sekitar 1 ha.

3. Tahap Penanaman Bibit Mangga Namdokmai


Bertanam mangga Namdokmai sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan. Namun, apabila air irigasi tersedia maka penanaman bibit mangga namdokmai dapat dilakukan kapan saja. Lepaskan polibag bibit mangga namdokmai dengan menggunakan gunting atau pisau. Pastikan media tanam dan bibit masih menyatu saat polibag dibuka.

4. Tahap Perawatan Mangga Namdokmai


Setelah melakukan tahap penanaman bibit mangga namdokma selesai. Agar tanaman bisa bebuah dengan optimal, tanaman harus mendapatkan perawatan yang intensif, meliputi penyiraman, pemangkasan dan penyiangan.
Berikut ini adalah tahapan dalam perawatan mangga namdokmai :


  • Penyiraman


Penyiraman dilakukan pada awal waktu penanaman, penyiraman sebaiknya dilakukan secara teratur, setiap pagi dan sore hari, tergantung kondisi cuaca setempat. Saat musim musim kemarau, penyiraman dilakukan dua kali sehari karena media tanam akan cepat mengering. Penyiraman diusahakan tidak boleh sampai menggenang kareana akan membuat perakaran terserang cendawan akibat kelembapan yang tinggi.


  • Penyiangan


Proses penyiangan pada mangga namdokmai biasa dilakukan bersaan dengan proses penggemburan dan pemupukan. Lakukan pencabutan rumput liar atau gulma dengan menggunakan tangan atua cangkul, kemudian dibuang ketempat lain agar tidak tumbuh lagi. Penggemburan dilakukan pada tanah yang padat dan tidak ditumbuhi rumput disekitar pangkalbatng. Sebaiknya, penggemburan dilakukan pada awal musim hujan.


  • Pemangkasan


Tujuan dilakukannya poemangkasan adalah untuk merangsang tunas baru muncul secara bersamaaan dan mencapai umur dewasa dalam waktu yang sama pula, tanaman bebas dari cabang parasut (cabang yang daunnya tidak terkena sinar matahari langsung), membentuk tajuk tanaman yang terbentuk bulat seperti payung terbuka, mengurangi kelembapan, percabangan kokoh dan tersebar merata keseluruh penjuru angin, serta mempercepat tanaman berbuah.

5. Tahap Pemupukan Mangga Namdokmai


Tahap pemupukan menjadi salah satu unsur penting dalam keberhasilan budidaya mangga namdokmai. Agar tanaman mangga namdokmai mampu tumbuh sehat dega subur dan optimal, buah rimbun , tidak cacat (berbela), dan menghasilkan buah yanga rasanya manis, maka pemupukan wajib dilakukan. Pemupukan harus sesuai dengan umur dan dosis yang diberikan.

6. Tahap Panen Mangga Namdokmai


Proses pemanenan buah mangga namdokmai sebaiknya dipanen tidak sampai masak pohon, yang penting buah harus tua (green mature). Pada mangga namdokmai, fase green mature dicapai ketika buah sudah berumur 100 hari sejak berbunga atau 93 hari sejak buah terbentuk.

Demikianlah informasi tentang tips mudah dalam membudidayakan tanaman mangga namdokmai. Agar tanaman mangga namdokmai mampu tumbuh dengan subur dan cepat berbuah diperlukan beberapa tahapan antara lain pemilihan bibit unggul, pengelolahan lahan, penanaman bibit, perawatan dan tahap panen.

Referensi: jualbenihmurah.com

0 Response to "Cara Menanam Buah Mangga Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel