Tahu Buah Black Sapote? Rasanya Kayak Puding Coklat

Buahpedia.com, Buah black sapote masih terdengar asing di telinga kita. Tapi buah yang satu ini cukup unik, karena memiliki warna cokelat. Seperti kita ketahui, buah-buahan adalah makanan sehat yang harus Anda konsumsi setiap hari tidak terkecuali buah black sapote. 

Buah rasa puding coklat
Black Sapote Cara Makanya Pakai Sendok

Black Sapote atau Sapote Hitam yang memiliki nama ilmiah Diospyros Digyna merupakan spesies dari buah kesemek (persimmon), namun memiliki rasa yang berbeda. Buah Black Sapote berasal dari Meksiko Timur, Amerika Tengah dan Colombia.

Buah ini memiliki kulit berwarna hijau, namun, jika Anda membelah buah ini, akan terlihat daging buah yang berwarna cokelat agak kehitaman dan ada beberapa biji di dalamnya. Ditempat asalnya buah ini sering disebut chocolate pudding fruit (buah puding cokelat). Lantaran, cita rasa buah ini mirip dengan puding atau agar-agar cokelat.

Buah ini tentunya masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, tapi sebenarnya buah ini sudah masuk ke Indonesia sejak sepuluh tahun yang lalu. Yang mana di Indonesia buah ini lebih dikenal dengan sebutan sawo hitam.

Saat sudah masak, Black Sapote biasanya berdiameter 5-10 cm. Buah ini bisa langsung dikonsumsi dalam keadaan mentah. Namun kebanyakan orang menyimpan buah ini lebih dulu sampai benar-benar masak, hingga daging buahnya mudah untuk diambil dengan menggunakan sendok layaknya menggeruk buah alpukat.

Apa saja kandungan yang ada di buah Black Sapote ini?


Black Sapote ini kaya vitamin C dan rendah lemak. Hal inilah yang menjadi alasan banyak orang mengkonsumsi Black Sapote sebagai pengganti cokelat batangan yang lebih sehat saat membuat berbagai dessert lezat mulai dari puding, kue, mousse, hingga pie.

Apa manfaat buah Black Sapote bagi kesehatan?


Selain dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan sebagai bahan makanan, buah ini juga biasa digunakan sebagai obat. Dimana diketahui Black Sapote sangat baik sebagai obat untuk insomnia, meningkatkan pengelihatan, mengobati masalah pernafasan atau kulit, serta sebagai sumber energi dan pencahar alami.

Keberadaan black sapote atau sawo hitam di Indonesia memang masih sulit ditemui di pasaran. Penyebabnya, buah asal Meksiko yang memiliki cita rasa mirip puding cokelat ini belum ditanam secara massal.

Kebanyakan petani saat ini hanya menanam black sapote di dalam pot. Minimnya bibit pohon, permodalan, hingga lahan menjadi kendala pembudidayaan tanaman buah ini.

Berapa harga buah Black Sapote di indonesia?


KompasTravel mencoba mencari tahu petani yang menjual buah black sapote. Ternyata tak mudah menemukannya. Pasalnya selama ini kebanyakan petani hanya menjual bibit pohonnya saja, bukan buahnya.

Harga Black Sapote masih mahal
Black Sapote Mahal Karena Masih jarang Kita Temui

Pada awal Maret 2019 KompasTravel sempat menemukan sebuah akun di instagram yang menjual bibit sekaligus buah black sapote. Sekilo black sapote harganya Rp 300.000.

Dokumentasi Pribadi Petani Black Sapote, Eko Setyawan

Black sapote, buah asal Meksiko yang memiliki rasa mirip puding coklat.

"Sekilo biasanya isinya dua. Karena buahnya lumayan besar," ujar penjual melalui percakapan pesan singkat.

Cukup mahal ya? Untuk meyakinkan, KompasTravel mencoba mencari akun lain yang menjual buah black sapote. Ternyata sama, satu buah black sapote diberi harga Rp 150.000

Black sapote juga sudah mulai dijual di aplikasi-aplikasi belanja online. Rata-rata harganya sama, Rp 150.000 per buahnya.

Salah satu petani black sapote asal Wonogiri, Jawa Tengah, Eko Setyawan mengatakan, sangat terbatasnya ketersediaan buah menjadi faktor utama mahalnya harga black sapote.

"Black sapote ini kan masih langka ya, jadi harganya tinggi. Ini petani di jaringan kami sedang mencoba budidaya black sapote dalam skala besar. Tapi ini masih proses. Kalau sudah jadi mungkin harga black sapote bisa turun," katanya.

Tak hanya mahal, kamu juga harus bersabar menunggu lama sekitar 2,5 bulan hingga akhirnya mendapatkan buah unik ini.

"Nanti setelah dikirim buah juga harus diperam dulu selama 1 sampai 2 minggu. Kami kirim dalam kondisi mentah," ujar Eko.

Bagaimana, kamu tertarik berburu black sapote?

Source: kabartani.com, kompas.com

0 Response to "Tahu Buah Black Sapote? Rasanya Kayak Puding Coklat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel