Buah Ajaib Miracle Fruit Ubah Rasa Makanan Jadi Manis Kaya Manfaat

Buahpedia.com, Hallo sis apa kabar? Pernah dengar tidak ada buah yang namanya "Buah Ajaib"? Seajaib apa sih buah ini kok sampai diberi nama seperti itu. Oke sis biar kita tahu yuk simak artikel kami berikut ini.

Buah ajaib yang Mirip Melinjo dan Jamblang
Miracle fruit atau buah ajaib bentuknya seperti mlinjo dan jamblang.

Miracle Fruit atau "Buah Ajaib" memiliki nama latin Synsepalum dulcificum yang merupakan tanaman buah asli Afrika Barat yang masih tergolong satu keluarga dengan buah sawo (Sapotaceae).

Untuk info aja ya sis buah kecil berwarna merah ini berasal dari Afrika Barat, dan sekitarnya. Di sana, buah itu disebut agbayun, taami, asaa, atau ledidi.
Ilmuwan menyebut tanaman penghasil buah agbayun itu dengan nama Synsepalun dulcificum. Tumbuhan buah ajaib ini  tergolong dalam kelompok tumbuhan perdu.

Tinggi tanaman Synsepalun dulcificum maksimal hanya 1 meter dan ukurannya kecil. Untuk menanamnya, tanaman ini tidak memerlukan lahan yang luas dan bisa ditanam dalam pot, wah cocok ya sis buat tabulampot halaman rumah.

Buahnya berbentuk lonjong kecil berwarna merah, menyerupai buah melinjo.
Kalau dibelah, terlihat ada 1 buah biji di tengah daging buah yang basah berwarna putih.

Kalau dilihat dari isinya, buah ini menyerupai buah jamblang atau duwet.
Bedanya, rasa buah ini tidak terasa sepat atau masam melainkan rasanya manis.
Bagaimana Buah Ajaib Bisa Mengubah Rasa Asam Menjadi Manis? Berikut penjelasanya.

Kalau kita makan buah miracle fruit, lalu minum air jeruk nipis yang rasanya sangat asam, rasa air jeruk itu akan terasa manis, lho kok bisa ya sis?ajaib bukan?hehe.
Mengapa begitu, ya? Apakah artinya kandungan gula dalam buah ini sangat tinggi? Tidak sis tenang saja.

Rupanya miracle fruit justru memiliki kandungan gula yang rendah.
Rahasia buah ini bisa membuat rasa asam menjadi manis adalah daging buahnya yang mengadung protein yang disebut miraculin.

Miraculin ini adalah molekul glikoprotein yang bisa mengubah rasa. Bila miraculin ini digabungkan dengan rasa asam maka akan dapat menstimulasi rasa manis pada lidah kita.

Tapi, rasa manis itu hanya bertahan sekitar 30 menit hingga 2 jam di dalam mulut kita.
Lama waktu bertahannya rasa manis di lidah kita ini tergantung kepada berapa banyak kita makan buahnya. Semakin banyak maka semakin lama juga rasa manisnya akan terasa.

Oh iya sis, walaupun miraculin mengubah rasa, tetapi tidak mengubah kandungan gizi atau kandungan kimia dalam makanan yang kita konsumsi.

Miracle Fruit telah lama digunakan oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan rasa pada makanan tradisional mereka, yaitu roti jagung.
Selain itu, masyarakat juga menggunakan buah ini sebagai pemanis alami pada beberapa makanan dan minuman seperti cuka, bir, dan acar.

Buah ajaib ini sendiri sebenarnya tidak terlalu manis atau dapat dikatakan memiliki kandungan gula yang rendah.
Dalam versi lain disebutkan bahwa miracle fruit memiliki suatu molekul glikoprotein, yaitu miraculin, yang menjadi kunci mengapa buah ini disebut sebagai buah ajaib.

Lidah manusia terdiri dari banyak indera pengecap yang disebut papillae yang tersebar di seluruh permukaan lidah.
Tiap papillae mengandung sel-sel reseptor yang nantinya dapat menyampaikan persepsi rasa manis, asin, asam, maupun pahit ke otak.

Ketika kamu mengonsumsi Miracle Fruit, maka akan terbentuk suatu lapisan atau film di lidahmu.
Yang menandakan bahwa miraculin sedang berikatan dengan reseptor di papillae. 

Miraculin berikatan dan memblok secara spesifik dengan reseptor rasa manis.
Kemudian, pada pH asam, seperti ketika kamu mengonsumsi lemon, miraculin akan aktif dengan merubah bentuknya, melemahkan reseptor rasa asam, dan meningkatkan persepsi rasa manis di otak.

Peristiwa ini akan bertahan sekitar 30 menit hingga indera pengecapmu kembali normal. Sensasi aftertaste ini juga akan meningkat jika makanan yang kamu konsumsi bersifat asam.

miracle fruit kaya manfaat dan vitamin
Jus Buah Ajaib Baik Untuk Tubuh

Kandungan Nutrisi Miracle Fruit:


  • Antioksidan
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Vitamin A
  • Vitamin E
  • Asam amino
  • Asam essensial


Miracle Fruit juga mengandung kalori yang rendah, lho sis. Satu buah yang kecil ini hanya mengandung ½ kalori saja.

Manfaat Buah Ajaib Untuk Kesehatan


1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Buah ajaib memiliki rasa manis alami dengan sedikit rasa pahit. Orang yang menderita diabetes sangat baik mengonsumsi buah ajaib.

Karena gula buah yang dikandungnya tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah setinggi gula pasir atau gula lainnya.
Penderita diabetes pun masih dapat merasakan manisnya makanan tanpa perlu khawatir berlebihan mengenai penyakitnya.

2. Menurunkan Berat Badan

Buah ajaib yang berukuran relatif kecil ini setiap buahnya hanya mengandung ½ kalori dan 0% lemak, komposisi yang sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang melakukan diet, terutama diet kalori.
Jumlah kalori yang dikandung buah ajaib ini juga relatif lebih sedikit dibanding jenis buah yang ada di pasaran.

Mengonsumsi buah ajaib dibandingkan memakan hidangan penutup sepeti kue, puding, dan lainnya tentu akan membuat Anda lebih cepat menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Kualitas Asupan Tubuh

Buah ajaib dapat digunakan sebagai campuran makanan atau minuman lain, seperti campuran dalam salad atau bahkan digabungkan dengan teh lemon.

Tentunya hal ini akan membuat asupan tubuh lebih kaya akan mineral, vitamin, dan antioksidan, sehingga tubuh lebih kuat dan lebih jarang terkena penyakit. Gaya hidup sehat kini mulai banyak digandrungi orang, termasuk dengan menggunakan buah ajaib.

4. Sebagai Campuran Obat Pahit

Pernah melihat ada orang yang kesulitan meminum pil atau obat tablet karena rasanya yang sangat pahit? Cobalah menggunakan buah ajaib untuk membantu menetralkan rasa obat tersebut.

Dengan begitu, tidak ada lagi anak-anak yang sulit diminumkan obat untuk sembuh. Selain itu, buah ajaib juga tidak akan mempengaruhi komposisi obat. Bahkan dengan kandungan alaminya buah ajaib akan membantu obat bekerja dalam tubuh.

5. Alternatif Penyembuh Kanker

Seseorang yang mengidap kanker dan telah menjalani proses radiasi yang lebih dikenal dengan kemoterapi biasanya akan merasakan efek samping berupa lidah yang sulit merasakan nikmatnya makanan.

Jika Anda mengenal orang yang seperti ini, segera hadiahkan kepadanya buah ajaib yang mampu menurunkan efek samping tersebut sehingga ia lebih cepat pulih.

6. Mengandung Zat Ajaib (Miraculin)

Berbagai penelitian yang meriset buah ajaib sama-sama sepakat bahwa buah ajaib mengandung miraculin, suatu jenis protein yang sangat umum terdapat pada buah-buahan jenis berry.

Miraculin di dalam tubuh mampu meningkatkan sensitivitas lidah untuk mengecap rasa manis, sehingga ketika merespon bahan makanan yang asam atau pahit, buah ajaib mampu mengubahnya bagaikan terasa manis.

7. Suplemen Kesehatan Alami

Berbagai suplemen dapat Anda pilih di pasaran, namun tentunya suplemen yang alami terasa lebih segar dan menyehatkan. 

Buah ajaib dapat dikategorikan sebagai suplemen dengan kandungan di dalamnya.
Selain menambah kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh, kalori pun dapat berkurang dengan banyak mengonsumsi buah ajaib.

8. Penambah Rasa Masakan

Buah ajaib dapat memunculkan rasa berbagai masakan yang terdiri dari berbagai sayuran dan buah-buahan, seperti stroberi, brokoli, lemon, anggur, dan sebagainya.

Cobalah sendiri di rumah untuk menggunakan tambahan buah ajaib sebagai bahan tambahan masakan, tak terkecuali untuk masakan yang pedas. Anda akan rasakan sendiri perbedaan rasa yang tentunya semakin terasa lezat.

9. Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Buah ajaib memiliki rasa manis yang tentunya disukai anak-anak, warnanya pun merah segar sehingga anak-anak tidak akan merasa memakan sayuran hijau namun tetap mendapatkan vitamin yang dibutuhkannya.

Jika Anda memiliki anak yang sulit diajak makan, mungkin salah satu solusinya adalah dengan memberikannya buah ajaib.

10. Digunakan Sebagai Pemanis Minuman Anggur

Di daerah asalnya yaitu di Afrika Barat, buah ajaib digunakan sebagai pemanis alami untuk minuman anggur (wine) yang berasal dari pohon palem. Memang buah yang satu ini memiliki rasa manis yang sangat alami dan cocok digunakan untuk berbagai hal.

11. Bahan Tambahan Roti Jagung

Di beberapa tempat seperti Amerika Selatan, roti jagung lebih populer daripada roti gandum karena harganya yang jauh lebih murah.

Salah satu manfaat buah ajaib juga bisa ditemukan dalam pembuatan roti jagung. Dengan menambahkan buah ajaib, maka roti jagung yang dibuat akan lebih keluar rasanya serta tentunya lebih lezat untuk menggoyang lidah.

12. Daunnya Mengobati Peradangan

Pernah mengalami rasa peradangan dalam tubuh? Buah ajaib bisa jadi dapat menjadi salah satu solusinya. Buah ajaib dapat berfungsi sebagai bahan pendingin bagi tubuh yang mengalami peradangan. Cara menggunakannya dapat langsung dimakan sekitar 5-6 buah.

13. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Walau belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat buah ajaib untuk para penderita tekanan darah tinggi, namun buah yang satu ini sudah banyak digunakan orang untuk alternatif pengobatan tekanan darah tinggi.

Memang kadar garam yang dimiliki buah ajaib sangat rendah, juga mineral yang dikandungnya tidak menyebabkan tekanan darah terus bertambah.

14. Sebagai Asupan Yang Menyehatkan

Di daerah India, buah ajaib sudah sangat tersohor manfaatnya bagi orang yang sedang sakit. Bahkan dokter yang ada disana akan memberikan tanaman buah ajaib untuk para pasiennya.

Sehingga di rumah mereka ada tanaman buah ajaib yang bisa terus dipetik buahnya dan dikonsumsi dan memicu para pasien untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

Makanan Dan Minuman Yang Cocok Dikonsumsi Bersama Miracle Fruit:


  • Kue
  • Biskuit
  • Salad buah
  • Asinan buah
  • Jeruk nipis
  • Lemon
  • Cuka balsamic
  • Cream cheese
  • Kiwi
  • Teh, dan lain-lain.


Itulah sis ulasan Buahpedia.com tentang miracle fruit si buah ajaib yang memang sangat kaya akan manfaat dan benar-benar seperti mempunyai keajaiban tersendiri dalam kandungan nutrisinya. Jika artikel kami bermanfaat jangan lupa share ya sis. Terimakasih...

0 Response to "Buah Ajaib Miracle Fruit Ubah Rasa Makanan Jadi Manis Kaya Manfaat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel