Buah Nangka: Deskripsi, Kandungan Nutrisi Dan Manfaat

Nangka: solusi untuk kelaparan dunia?
Nama botani: Artocarpus heterophyllus
Fakta nutrisi nangka

Memiliki bau musky yang berbeda dan rasa manis nikmat, nangka adalah buah tropis yang unik yang biasanya dipanen selama musim panas dan musim gugur.


Hal ini dapat tumbuh untuk ukuran yang sangat besar, mengukur antara 10 dan 60 sentimeter panjangnya, 25 untuk 75 sentimeter dengan diameter, dan dapat menimbang antara 10 dan 100 pound, menjadikannya buah pohon terbesar di dunia.

Spesimen yang beratnya lebih dari 100 pound juga telah direkam.

Nangka berasal dari hutan hujan Barat India Ghats dan menyebar ke bagian lain negara, Hindia Timur dan Asia Tenggara. Sekarang ditanam di Afrika Tengah dan Timur dan telah menjadi sangat populer di Brazil dan Suriname. Di Bangladesh, nangka disebut-sebut sebagai buah nasional dan dianggap sebagai tanaman paling penting kedua setelah mangga.

Nangka yang eksotis hijau ketika mentah, dan kemudian berubah coklat muda dan menyebar bau harum yang kuat setelah matang. Seperti durian, nangka bulat atau berbentuk bujur, dan memiliki permukaan luar yang ditutupi dengan tumpul duri-seperti proyeksi yang melunakkan sebagai buah matang. Dalam setiap buah ratusan kecil, lezat lobes kuning. Kebanyakan pohon nangka dapat melahirkan sebanyak 250 buah besar setiap musim. Pohon ini digunakan sebagai kayu juga.

Meskipun nangka masih dianggap sebagai buah tropis eksotis di AS, hal ini menjadi lebih populer di kalangan vegan dan vegetarian sebagai pengganti daging. Setelah sekitar satu jam memasak, Nangka yang belum matang mulai menyerupai rasa dan mulut-rasa daging babi yang ditarik.
Manfaat kesehatan nangka

Jackfruit adalah nutrisi Bonanza: kaya vitamin, mineral dan serat makanan, yang membuatnya pencahar alami yang baik. Hal ini dapat membantu meningkatkan pencernaan, sebagai serat yang memadai dapat menjadi obat alami yang efektif untuk mencegah sembelit, dan juga dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin kehilangan atau mempertahankan berat badan mereka dengan memberikan perasaan kepenuhan.

Nangka juga diketahui mengandung sejumlah besar vitamin A dan pigmen flavonoid (Carotene-ß, xanthin, lutein dan cryptoxanthin-ß), menawarkan dukungan antioksidan dan penglihatan. Karena rendah kalori dan natrium dan tidak mengandung kolesterol atau lemak tidak sehat, loyang buah yang lezat membuat sehat, memperlakukan selera Anda dapat menikmati.

Buah misterius kaya vitamin B-kompleks, mengandung Nidi, Piridoksin, Riboflavin dan asam folat. Ini adalah sumber mineral yang layak, seperti besi, magnesium, kalium dan mangan juga.

Sebagai sumber yang baik dari vitamin C-juga merupakan antioksidan yang kuat-nangka menawarkan sekitar 23 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA), yang membuatnya berguna dalam membantu melawan agen menular sambil pemulungan radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh.

Namun, mengkonsumsi nangka dalam moderasi karena mengandung fruktosa, yang mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda dalam jumlah yang berlebihan.

Fakta nutrisi nangka
Ukuran porsi: 3,5 ons (100 gram), Amt mentah atau beku. per
Melayani% harian
Dinilai memiliki harga
Kalori 94   
Kalori dari lemak 0   
Total lemak 0 g 0%
Lemak jenuh 0 g 0%
Lemak trans         
Kolesterol 0 mg 0%
Sodium 3 mg 0%
Total Karbohidrat 24 g 8%
Diet Fiber 2 g 6%
Gula         
Protein 1 g   
Vitamin A 6% vitamin C 11%
Kalsium 3% besi 3%

* Nilai persen harian didasarkan pada diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
Studi tentang jackfruit

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal tanaman pangan untuk nutrisi manusia mengindikasikan bahwa pulp dari nangka merupakan sumber alami antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Ini berarti buah dapat membantu memperlambat penuaan kulit dan bahkan dapat membantu dalam memperbaiki molekul yang rusak, seperti DNA. 1

Nangka mengandung Lignan dan saponin, yang bermanfaat phytonutrien yang telah terbukti menawarkan sifat anti-kanker. Lignans telah ditemukan untuk membantu memblokir efek hormon estrogen, yang dapat menurunkan risiko kanker terkait hormon (rahim, ovarium, payudara dan prostat). Saponin, di sisi lain, dikenal untuk mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung. 2

Studi lain yang diterbitkan dalam The Ceylon Medical Journal dikategorikan nangka sebagai buah indeks glikemik rendah, yang dikaitkan dengan kandungan serat makanan. 3 konsumsi nangka mentah bahkan dapat digunakan untuk memerangi tingkat gula darah tinggi, menurut Sydney Studi Layanan penelitian indeks glikemik Universitas. 4

Peneliti juga menganggap nangka sebagai "keajaiban" tanaman pangan yang bisa menjadi pengganti tanaman pokok yang berada di bawah ancaman dari perubahan iklim. Hal ini sangat mudah untuk tumbuh dan dapat bertahan suhu tinggi, hama dan penyakit, dan bahkan tahan kekeringan.

Menurut shyamala Reddy, seorang peneliti Bioteknologi di Universitas Ilmu pertanian di Bangalore, India, nangka kaya akan kalori dan nutrisi dan jika seseorang makan 10 sampai 12 umbi, ia tidak akan membutuhkan makanan selama 12 jam lagi. Untuk alasan ini, buah ini dapat dimanfaatkan untuk membantu menyelamatkan jutaan orang dari kelaparan. 5
Resep sehat nangka:
Mudah nangka kari
Resep sehat nangka

Bahan:

500 gram nangka segar
   
2 medium tomat bubur
   
1 sdt minyak kelapa perawan

1/2 sdt biji jintan
   
1/2 sdt biji mustard
   
1/2 sdt biji Nigella

2 lembar daun
   
2 kering cabai merah
   
1 kecil bawang (cincang)

1 inch jahe (dicincang)
   
1 sdt bubuk ketumbar
   
1/2 sdt Kunyit

1/4 sdt lada hitam
   
1/2 untuk 3/4 sdt garam Himalaya
   
1 sampai 1,5 cangkir air

Prosedur:

Panaskan minyak kelapa Extra Virgin dalam wajan di atas api sedang. Tambahkan jintan, Nigella dan biji mustard dan membiarkan mereka mendesis selama sekitar satu menit. Tambahkan daun Teluk dan cabai merah, dan kemudian masak selama beberapa detik. Tambahkan bawang, bawang putih dan jahe, dan hanya sejumput garam Himalaya. Masak sampai tembus (lima sampai enam menit) dan ingat untuk mencampur sesekali.
    Tambahkan kunyit, ketumbar dan lada hitam, pencampuran dengan baik. Aduk sambil menambahkan tomat bubur, nangka dan sisa garam. Tutup dan masak selama sekitar 15 menit.
    Mengungkap dan masak selama beberapa menit lagi untuk membuat Pure tomat tebal. Nangka juga bisa diparut.
    Tambahkan air dan kemudian tutup dan masak selama 15 menit. Rasa dan menyesuaikan rasa yang sesuai, kemudian mengurangi panas untuk menengah rendah dan masak selama 10 menit atau lebih, sampai konsistensi yang Anda inginkan tercapai. Hiasi dengan Cilantro dan sajikan.

Fun jackfruit fakta

Nangka memancarkan yang manis namun busuk bau yang telah digambarkan sebagai kombinasi dari pisang matang, bawang, nanas dan Markisa. Seperti durian, buah raksasa dilarang di bandara dan kabin pesawat, tetapi tidak dilarang sebagai kargo.
Ringkasan

Jackfruit tentu membawa sesuatu yang baru ke meja. Selain rasa yang khas, buah yang menarik ini juga memiliki profil gizi yang mengesankan yang mencakup vitamin, antioksidan dan fitonutrien. Para peneliti percaya ini buah tropis bisa membantu memecahkan masalah kekurangan makanan karena tinggi kalori, kaya serat, hampir tidak sehat lemak dan bahkan dapat tumbuh sangat mudah.

0 Response to "Buah Nangka: Deskripsi, Kandungan Nutrisi Dan Manfaat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel