8 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Buahpedia.com - Buah mengkudu atau buah pace memiliki nama latin Morinda Citrifolia. Buah mengkudu tumbuh di dataran rendah, sehingga buah mengkudu ini tumbuh subur di Indonesia. Tinggi pohon buah mengkudu ini biasanya mencapai 3 - 8 meter. Meskipun buah mengkudu baunya tidak sedap, tetapi buah mengkudu yang sudah masak di pohon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Buah mengkudu memiliki banyak kandungan zat, sehingga buah mengkudu banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Beberapa kandungan zat yang ada pada buah mengkudu antara lain: zat nutrisi, terpenoid, scolopetin, zat anti kanker, zat anti bakteri, morinda diol, moridone, damnacanthal, metil asetil, asam kapril, sorandiyiol, xeronine dan proxeronine, morindin, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, sulfur, kalium, fosfor, dan asam amino.

Dengan begitu banyaknya kandungan zat yang ada di buah mengkudu ini, banyak pula manfaat yang bisa kita ambil dari buah mengkudu ini, antara lain:

1. Membantu menjaga kesehatan tulang

Kandungan asam kapril, metil asetil, morinda diol, moridone, morindin, dan sorandiyiol yang mampu membantu menjaga kesehatan tulang

2. Mengatasi hipertensi

Cara membuat buah mengkudu untuk mengatasi hipertensi ini dengan memeras buah mengkudu  yang telah masak di pohonnya sehingga keluar airnya, setelah itu disaring, kemudian dicampur dengan madu.

3. Obat anti kanker

Zat anti kanker yang terkandung pada buah mengkudu dapat mengobati maupun mencegah terjadinya kanker dapat dengan meminum jus buah mengkudu.

4. Mengobati sakit kuning

Cara membuat buah mengkudu untuk mengobati sakit kuning adalah dengan cara mengambil 2 buah mengkudu yang telah masak di pohonnya dan 1 bungkul gula batu. Kemudian diblender dan tambahkan madu, aduk sampai rata kemudian disaring.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah mengkudu dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan zat yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus.

6. Obat sakit perut

Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati sakit perut. Caranya dengan menumbuk 2 - 3 helai daun mengkudu, setelah itu beri garam secukupnya, kemudian seduh dengan air panas. Setelah dingin, disaring, kemudian diminum.

7. Anti inflamasi

Sari buah mangkudu memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mencegah terjadinya peradangan. Serta dapat menurunkan terkena serangan jantung.

8. Mengobati demam, masuk angin, dan influenza

Cara membuat obat untuk demam, masuk angin, dan influenza yaitu dengan merebus 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur, kemudian direbus dengan 2 gelas air dan didihkan sehingga menjadi 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum 2 kali sehari.

0 Response to "8 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel