Cara Menanam Buah Jambu Biji Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah

Buahpedia.com - Buah Jambu sukun merah ini dikenal dengan keunggulan daging buahnya yang tebal dan tanpa biji. Buah jambu biji sukun merah memiliki bentuk bulat lonjong dan berwarna hijau agak kekuningan saat sudah matang. Bobot satu buahnya berkisar antara 200-400 gram/bush dengan diameter 5 cm. Daging buahnya tebal berwarna merah cerah dengan tekstur renyah dan beraroma wangi. Walaupun berukuran agak kecil, namun buah jambu biji ini menawarkan sensasi rasa manis dengan daging buah full tidak ada biji sehingga membuat jambu sukun makin diminati. bahkan citarasa jambu sukun merah ini bisa dikatakan lebih manis dan segar dibandingkan jambu biji pada umumnya.

Cara Menanam Buah Jambu Biji
Cara Menanam Buah Jambu Biji

Tanaman Jambu biji sukun merah merupakan salah satu jenis jambu lokal unggulan yang layak untuk dibudidayakan. Tanaman Jambu biji sukun merah berasal dari hasil mutasi tunas jambu biji getas merah yang ditemukan di Majalengka. Oleh karena mutasi itulah, buah jambu biji sukun merah memiliki kekurangan dalam hal daya simpan yang pendek karena kulitnya tipis. sehingga sangat cocok untuk dibuat jus.

Tanaman jambu biji sukun merah dikenal memiliki kemampuan adaptasi yang cukup tinggi di Iklim indonesia. Terbukti, tanaman jambu biji ini dapat tumbuh dengan baik diseluruh wilayah Indonesia. Tanaman jambu biji sukun merah juga memiliki sifat yang genjah atau mudah berbuah, dengan perawatan yang baik, buah jambu sukun merah dapat dipanen setelah tanaman berumur 1 tahun dengan bibit hasil okulasi, tempel atau cangkok. Selain itu, Tanaman jambu biji sukun merah memiliki tingkat produktifitas yang tinggi mengingat tanaman jambu sukun mempunyai kemampuan berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Berikut adalah Cara Menanam Buah Jambu Biji Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah :


1. Pemilihan Bibit Unggul


Pastikan bibit jambu sukun merah yang akan dipilih telah disertifikasi atau berasal dari penangkar bibit terpercaya.

2. Penanaman di Pot


Tahap penanaman didalam pot atau tabulampot tanaman jambu biji sukun merah sebagai berikut.


  • Masukkan media tanam, bisa berupa campuran tanah pasir, tanah liat, dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1 ke dalam pot berdiameter > 50 cm yang sudah diisi pecahan genting terlebih dahulu di bagian dasarnya.
  • Buka plastik yang melekat pada media tanam secara hati-hati agar akar tidak rusak. Agar tumhuh akar lebih banyak, potong sedikit akar tunggangnya. Untuk menjaga terjadinya penguapan yang berlebihan, potong separuh lebar daun.
  • Pindahkan bibit ke dalam pot, lalu tambahkan media tanam hingga mendekati bibir pot.
  • Siram tanaman hingga media menjadi basah.
  • Tempatkan tabulampot di tempat yang teduh. Jika sudah mulai tumbuh tunas, pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.


3. Tahap Pemeliharaan


Pemeliharaan terhadap tanaman jambu biji sukun merah diperlukan meskipun tanaman jambu mampu tumbuh dan menghasilkan pada setiap keadaan tanah. Hal tersebut penting untuk menjaga hasil yang memuaskan. Pemeliharaan yang dilakukan adalah penyiraman dan pemangkasan.

4. Tahap Pemupukan


Untuk menjaga kesuburan lahan atau media tanam tetap stabil maka perlu pemupukan pada tanaman jambu biji sukun harus selalu dilakukan.

5. Tahap Panen


Kulit mengkilap dan berubah warna dari hijau tua menjadi hijau muda (untuk jambu biji sukun merah) atau hijau menjadi putih kekuningan (untuk jambu biji mutiara).
Ujung buah membuaka/merekah.

Demikianlah informasi tentang panduan mudah budidaya tabulampot jambu biji sukun merah. Agar tabulampot jambu biji sukun merah mampu berbuah lebat sepanjang tahun tentunya memerlukan beberapa perawatan secara intensif diantaranya pemilihan bibit unggul, penyiraman, pemangkasan, pemupukan penjarangan buah.

Referensi: jualbenihmurah.com

0 Response to "Cara Menanam Buah Jambu Biji Agar Tumbuh Subur Dan Cepat Berbuah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel