7 Manfaat Buah Jambu Air Bagi Kesehatan

Buahpedia.com - Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan sudah tidak asing lagi dengan buah jambi air. Buah ini banyak ditanam di pekarangan-pekarangan rumah. Tetapi, seiring dengan berkembangnya zaman, masyarakat perkotaan juga sudah banyak yang menanam buah jambu air karena sekarang sudah menggunakan media tabulampot untuk menanam tubuh-tumbuhan.


Buah jambu air ini merupakan tanaman asli dari wilayah Asia Tenggara. Rasa yang manis serta kandungan air yang tinggi menjadikan buah ini menjadi favorit oleh sebagian besar masyarakat. Tidak hanya kandungan airnya yang tinggi, nutrisi-nutrisinya pun sangat melimpah, seperti: riboflavin, kalori, niacin, protein, thiamin, serat, karbohidrat, vitamin C, kalsium, mangan, zat besi, magnesium, sodium, fosfor, zinc, potasium, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bukan hanya kandungan nutrisinya saja yang melimpah, manfaat yang tersimpan pada buah jambu air ini pun sangat melimpah, antara lain:

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan mineral yang tinggi pada buah jambu air ini mampu melancarkan sistem pencernaan, serta sangat cocok untuk menu diet.

2. Mengurangi dehidrasi

Kandungan mineral yang sangat tinggi pada buah jambu air dapat mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

3. Sebagai antioksidan

Kandungan vitamin C pada buah jambu air ini sangat berperan penting untuk memperbaiki jaringan sel-sel tubuh yang rusak. Khususnya untuk perawatan kulit, menjadikan kulit tampak lebih segar, dan melancarkan peredaran darah.

4. Mencegah kanker

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi pada buah jambu biji ini mampu mencegah terjadinya kanker.

5. Mengobati diabetes

Buah jambu air ini mengandung glukosa yang biasa disebut jamboline yang dapat mencegah maupun mengobati diabetes.

6. Menyehatkan jantung

Kandungan serat dan berbagai macam nutrisi pada buah jambu air dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat mencegah komplikasi kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A pada buah jambu air dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu kandungan vitamin A ini dapat menjaga kesehatan mata.

0 Response to "7 Manfaat Buah Jambu Air Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel