Ternyata Buah Kaktus Baik Untuk Kesehatan Enak Dibuat Jus

Buahpedia.com, Tahu g sis bahwa buah kaktus bisa dikonsumsi? Bahkan bisa dibuat jus juga lho. Rasanya mirip seperti jus buah naga yang sering kita buat. Disamping rasanya yang enak dan menyegarkan, Buah kaktus ternyata kaya manfaat untuk kesehatan tubuh kita, untuk selengkapnya yuk kita simak artikel berikut ini.

Manfaat buah kaktus untuk kesehatan
Buah kaktus mirip seperti buah naga

Kaktus di kenal sebagai tanaman yang mampu hidup di tempat kering dan minim air seperti halnya di daerah gurun pasir. Tanaman ini dapat bertahan cukup lama walau tanpa adanya sumber air.

Di indonesia sendiri kaktus di kenal sebagai salah satu jenis tanaman hias. Bentuknya yang unik dengan balutan duri-duri tajam membuat banyak pecinta bunga menjadikan kaktus sebagai tanaman penghias rumah dan taman.

Namun tahukah anda selain dapat di jadikan sebagai tanaman hias, kaktus juga dapat memberikan manfaat lain yaitu sebagai sumber makanan. Adapun bagian kaktus yang dapat di konsumsi adalah buah kaktus.

Tentunya tidak semua jenis kaktus memiliki buah yang dapat di jadikan sebagai makanan, adapun jenis kaktus yang menghasilkan buah untuk di konsumsi adalah opuntia cochenillifera atau kaktus centong. 

Kaktus jenis ini berasal dari daratan benua amerika dan salah satunya banyak ditemukan di negara meksiko. Untuk  saat ini kaktus centong telah tersebar di banyak negara di dunia dan salah satunya adalah indonesia.

Buah kaktus yang dapat di makan lebih di kenal dengan Prickly pears (Pir Berduri) atau ada juga yang menyebutnya sebagai buah tuna. Di negara asalnya, kaktus centong di budidayakan untuk di ambil buahnya. 

Meskipun di indonesia buah ini masih terdengar asing, namun di luar negeri buah kaktus cukup populer bahkan di jual di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Di meksiko, india dan maroko buah kaktus dapat dengan mudah di jumpai di pasar-pasar.

Lalu bagaimana dengan rasa buah kaktus ini?

Buah kaktus muda memiliki kulit berwarna hijau seperti batangnya dan akan berubah menjadi kuning dan merah ketika mulai tua dan matang. Ketika di belah dua, maka pada bagian dalam buah kaktus akan terlihat biji-biji layaknya buah naga. Mengenai rasanya, buah kaktus cukup manis dan segar.

Buah kaktus kaya manfaat
Jus buah kaktus yang kaya manfaat untuk kesehatan

Ada sedikit sensasi rasa buah pir yang di rasakan ketika mencicipi buah kaktus dan mungkin inilah alasan mengapa buah kaktus di namakan sebagai Pir Berduri.

1. Anti Mikroba


Sejak abad ke 19 kaktus sering dijadikan sebagi tanaman obat karena kaktus memiliki kandungan bahan aktif alkaloid, berupa b-phenylethylamine dan tetraisoqui-noline. Sampai saat ini tanaman kaktus yang memiliki senyawa dan bisa dijadikan obat adalah anhalonine, hordenine, mescaline, N-acetylmescaline, pel-lontine, tyramine.

Senyawa hordenine dan tyramine mempunyai manfaat sebagi anti mikroba yang dapat mencegah berbagi jenis penyakit seperti arthritis, influenza, infeksi diabetes, sakit telinga, sakit mata, rematik, gigitan binatang yang mengandung berbisa.

2. Anti kanker


Menurut The American Journal of Clinical Nutrition (2004), pir berduri memiliki tingkat flavonoid, polifenol, dan betalain yang tinggi. Kandungan ini bertindak sebagai senyawa antioksidan dan menetralisir radikal bebas.

Selain itu, tes penelitian yang dilakukan pada tikus laboratorium yang dipimpin oleh tim dari University of Arizona, menemukan bahwa buah kaktus pir berduri mampu menekan pertumbuhan tumor. Dalam hal ini, para peneliti masih memerlukan studi lebih lanjut karena mekanisme efek anti-kanker belum sepenuhnya dipahami.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh


Penelitian yang diterbitkan dalamThe American Journal of Clinical Nutrition menekankan bahwa makan buah pir kaktus baik untuk melancarkan pembuangan toksin dan aktivitas antioksidan karena tingginya kadar vitamin C dan E.

Vitamin C berperan utama dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang produksi sel darah putih, dan bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C merupakan komponen penting dari berbagai proses enzimatik dan metabolisme, termasuk pembentukan tulang dan jaringan otot.

4. Memperkuat tulang dan gigi


Kalsium berperan penting sebagai bagian integral dalam pembentukan jaringan tulang. Kabar baiknya, buah kaktus pir berduri mengandung level kalsium signifikan dalam setiap sajian. 

Saat tubuh dipastikan memiliki asupan kalsium yang cukup, hal itu dapat mencegah berbagai masalah gigi, serta gangguan tulang terkait usia seperti osteoporosis.

5. Bantu menurunkan berat badan


Buah kaktus cocok buat kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Dengan serat tinggi, kepadatan nutrisi, kalori rendah, dan lemak jenuh, pir berduri dapat menjaga tubuh tetap sehat tanpa menambah berat badan.

Selain itu, serat dan karbohidrat yang terkandung dalam buah kaktus, mampu mencegah kamu makan berlebihan.

6. Mengurangi peradangan


Dalam pengobatan tradisional, buah kaktus dapat dihaluskan dan dioleskan ke bagian tubuh yang meradang, misalnya pembengkakan gigitan serangga. Metode ini bahkan sudah diterapkan selama ratusan tahun. 

Ketika dikonsumsi, antioksidan dan mineral dalam pir berduri dapat menurunkan peradangan, terutama dalam kondisi seperti radang sendi, asam urat, atau ketegangan otot. Sebuah studi di Seoul National University mengonfirmasi sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam buah kaktus.

7. Anti oksidan yang luar biasa


Antioksidan dalam pir berduri dapat melindungi kulit dari kemungkinan penuaan dini, meningkatkan penglihatan, mencegah degenerasi makula, serta meningkatkan kekuatan dan fungsi otak.

Penelitian yang dilakukan di Jerman menunjukkan tingginya tingkat tokoferol dan beta-karoten dalam buah berduri, yang keduanya sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan mata. 

8. Melindungi kesehatan jantung


Ada sejumlah komponen dalam buah kaktus yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Pertama, kadar serat dalam buah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. 

Kedua, kadar potasium yang signifikan dapat membantu menurunkan tekanan darah, dengan merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Buah pir berduri mampu memperkuat dinding endotel pembuluh darah, sehingga mengurangi kemungkinan melemahnya sistem peredaran darah. Secara keseluruhan buah kaktus dapat mencegah aterosklerosis, penyakit jantung koroner, dan stroke. 

9. Menjaga kesehatan pencernaan


Buah kaktus memiliki tingkat serat yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga dan mengatur proses pencernaan dengan lebih baik. Kandungan serat berfungsi untuk membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah, sehingga menghilangkan sembelit, kembung, dan masalah pencernaan serius dalam lambung.

0 Response to "Ternyata Buah Kaktus Baik Untuk Kesehatan Enak Dibuat Jus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel