Mengenal Ragam Jenis Durian Asli Indonesia


Hallo sobat buahpedia.com, kali ini saya akan membahas mengenai berbagai macam jenis durian asli Indonesia.

Saat ini, lagi musim buah durian ya sobat? Pastinya bagi pecinta buah durian, saat ini adalah saat yang ditunggu - tunggu karena dapat menikmati buah durian sesuka hati. Eitss... Jangan sampai kebanyakan lho sobat makannya, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Langsung saja ya sobat, siapa sih yang tidak kenal buah ini? Buah dengan rasa yang legit, bau yang tajam, serta kulit buahnya keras dan memiliki duri yang tajam, tentunya membuat buah ini beda dari buah yang lain.

Ragam Jenis Durian


Buah durian memiliki nama ilmiah Durio Zibenthinus Linn. Buah ini berasal dari Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Buah ini memiliki julukan "raja dari segala buah" ( king of fruit ).

Bicara soal durian, di Indonesia sendiri memiliki beragam jenis buah durian. Tiap daerah memiliki julukan sendiri untuk menyebut buah durian ini, seperti orang Jawa menyebut duren, orang Sunda menyebut Kadu, orang Manado menyebut duriang, orang Ambon menyebut doriang.

Durian mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh kita. Durian memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, menghambat radikal bebas, meningkatkan pencernaan, menguatkan tulang, dan mengurangi gejala anemia.

Durian ini juga baik untuk memperlambat penuaan dini, mengurangi gejala depresi, kecemasan, dan stres.

Durian bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat jus buah, campuran es buah, es krim, maupun makanan penutup.

Di Indonesia sendiri memiliki beragam jenis buah durian, di antaranya:

1. Durian Mimang

Durian ini berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Ciri khas durian ini adalah kulitnya yang terkesan kempes, bentuknya oval dan kecil, memiliki ketebalan buah sekitar 2-3 centimeter. Rasa buah durian ini sangat manis dan legit, teksturnya agak berserat, dan daging buahnya tebal.

2. Durian Candimulyo

Durian Candimulyo atau yang dikenal dengan durian Candy ini berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Ciri khas durian ini adalah bijinya tebal, daging buahnya tipis. Rasa dari buah ini adalah percampuran antara manis dan sedikit pahit atau getir.

3. Durian Matahari

Durian ini berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Durian ini memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau kecoklatan dengan ketebalan sekitar 0,5 - 1 centimeter. Durinya besar - besar, runcing, jarang, dan sedikit bengkok. Daging buahnya tebal, kering, berlemak, manis dengan tekstur halus serta aromanya cukup tajam.

4. Durian Montong

Durian Montong ini merupakan durian yang sangat terkenal di Indonesia. Harganya pun juga cukup mahal. Buah asli Kalimantan ini memiliki ciri khas daging buahnya yang cukup besar, rasa yang manis, dan beraroma harum ketika dibuka. Selain itu, durian Montong ini bentuknya tidak bulat penuh.

5. Durian Petruk

Durian Petruk ini berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Durian Petruk ini dapat dikatakan gabungan antara durian Montong dan durian Candimulyo karena bentuknya yang lonjong dan rasanya yang setengah manis dan pahit. Durian ini juga memiliki aroma yang tajam. Durian ini merupakan salah satu bibit unggul yang banyak digemari para petani durian untuk ditanam karena daging buahnya tidak lembek dan tebal, serta bijinya kecil.

6. Durian Bawor

Durian Bawor ini berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Durian ini memiliki kemiripan dengan durian Montong. Durian Bawor memiliki ciri khas yang hampir sama dengan durian Montong, yaitu buahnya manis dan tebal, serta bijinya yang cukup kecil. Durian Bawor ini memiliki 2 jenis, yaitu Durian Bhineka Bawor yang merupakan durian hasil persilangan. Dan yang satu lagi adalah Durian Bawor Berkaki Empat.

7. Durian Ajimah

Durian Ajimah ini berasal dari Ciomas, Bogor, Jawa Barat. Durian Ajimah ini juga dikenal dengan nama durian Bung Karno atau durian Sukarno. Hal ini dikarenakan presiden pertama Indonesia sangat menyukai durian Ajimah ini. Ciri khas durian ini adalah durinya besar dan jarang, serta kulitnya tipis berwarna hijau agak keabu-abuan. Daging buahnya berwarna kuning muda dan terkesan kering, serta memiliki tekstur berserat. Rasa durian ini didominasi manis, tetapi ada sedikit pahit yang terasa di lidah saat memakannya.

8. Durian Bokor

Durian Bokor berasal dari Sukahaji, Majalengka, Jawa Barat. Ciri khas durian ini adalah bentuknya bulat panjang berwarna hijau sedikit kekuningan, dan duri berbentuk kerucut besar dan jarang. Daging buahnya memiliki ketebalan sedang dan berwarna kuning, serta memiliki tekstur halus. Buah ini rasanya sangat manis dan aromanya harum menyengat.

9. Durian Bubur

Durian Bubur ini berasal dari Brongkol, Semarang, Jawa Tengah. Ciri khas durian ini adalah bentuknya yang bulat memanjang dengan duri runcing rapat di sekelilingnya, serta berwarna kuning kehijauan. Rasa buahnya manis. Daging buahnya besar, tebal, padat, kesat serta memiliki aroma harum.

10. Durian Lay

Durian Lay berasal dari lereng perbukitan di pedalaman Kalimantan Tengah. Ciri khas buah ini adalah memiliki warna buah sedikit orange pucat, rasanya manis namun kurang legit, daging buahnya tebal, serta mempunyai sedikit kandungan alkohol di dalamnya. Baunya pun tidak begitu menyengat.


Itulah tadi berbagai macam jenis buah durian asli Indonesia. Semoga dapat menambah pengetahuan bagi sobat buahpedia.com semuanya.

1 Response to "Mengenal Ragam Jenis Durian Asli Indonesia"

  1. Tinggalkan komentar ya sis... jika ada pertanyaan, kritik dan saran dalam artikel kami tentang "Mengenal Ragam Jenis Durian Asli Indonesia" terimakasih.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel