Kulit Semangka Kok Dimakan, Apa Manfaatnya? Ternyata Ini Alasanya!

Buahpedia.com - Mungkin anda langsung bertanya, heran atau entah malah bingung dengan judul artikel ini. Kok aneh dan tidak masuk akal, atau memang saya yang sudah kehabisan judul tentang buah, jadi bingung mau nulis artikel apa, Hihihi.

Manfaat kulit semangka mirip dengan manfaat buah semangka
Manfaat kulit semangka mirip dengan manfaat buah semangka

Memang kulit semangka bisa untuk dimakan?aman tidak? apa enak? Nanti dulu, saya punya jawabanya. Ternyata kulit semangka punya nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, seng, citrulline, lycopene, asam amino, flavonoid dan senyawa fenolik. Wiih..banyak amat kan.

Tak hanya itu, ternyata kulit semangka juga mengandung kadar kalori yang rendah jadi tidak membuat anda gemuk. Iya meskipun yang nulis artikel ini juga gemuk sih.wkwkwkw. Mungkin lain kali bisa coba perbanyak konsumsi kulit semangka biar agak kurus.

Dengan banyak sekali nutrisi yang ada pada kulit semangka, lantas apa saja manfaatnya untuk kesehatan?

Berikut adalah manfaat kulit semangka untuk kesehatan:


1. Menurunkan Tekanan Darah


Ternyata kulit semangka dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan citrulline pada kulit semangka, yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah pada tubuh. Untuk itu, jika kamu memakan buah semangka, jangan ragu untuk memakannya bersama dengan kulit buahnya.

2. Mencegah Batu Ginjal


Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang timbul karena gangguan saluran air kemih. Penyakit ini dapat dicegah salah satunya dengan mengonsumsi kulit buah semangka.

Ini karena kulit semangka tinggi akan kandungan kalium yang bisa mengendalikan kadar asam dalam air seni atau urin. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi pada kulit semangka juga baik untuk mengeluarkan racun pada ginjal.

3. Menurunkan Berat Badan


Kulit semangga bisa untuk diet? jawabanya "Bisa". Ini karena adanya kandungan serat dalam kulit semangka yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Dalam penelitian terbukti bahwa mengonsumsi kulit semangka akan membuat seseorang mudah kenyang. Selain itu, jika rutin mengonsumsi kulit semangka maka dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

4. Melawan Radikal Bebas


Masih seputar kandungan citrulline yang ada pada kulit semangka. Yang bisa melawan ancaman radikal bebas pada tubuh. Dengan demikian, zat ini penting untuk perlindungan sistem kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan Energi


Manfaat yang satu ini malah seperti minuman berenergi ya, kok bisa? Karena kukit semngka tinggi kandungan magnesium dan antioksidan yang dapat membuat tubuh bertenaga.

6. Melawan Peradangan


Kandungan likopen dalam kulit semangka bisa mengatasi peradangan. Selain itu, kandungan asam folat pada kulit semangka yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kanker, dan gangguan usus besar.

7. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih


Manfaat kulit semangka ternyata juga memberikan efek menambah cairan pada tubuh sehingga bisa mengatasi masalah infeksi saluran kemih dan dehidrasi.

8. Baik Untuk Ibu Hamil


Beberapa penelitian telah menemukan bahwa gula alami yang ditemukan di kulit semangka dapat menurunkan masalah morning sickness, rasa tidak nyaman pada perut, dan pembengkakan, berkat kandungan kalium yang tinggi dalam kulit semangka.

9. Mencegah Penuaan Dini


Dengan jumlah likopen dan flavonoid lain yang cukup, Dapat membantu mengurangi efek radikal bebas dan menurunkan stres oksidatif, yang meminimalkan munculnya kerutan, noda, dan bintik-bintik di kulit saat usia bertambah.

10. Mengurangi Perkembangan Penyakit


Likopen dan sitrulina yang terkandung dalam kulit semangka ini dapat membantu menetralisir radikal bebas sebelum mereka dapat menyebabkan mutasi seluler dan mengarah pada penyakit lainya.

11. Mencegah Gejala Penyakit Anemia


Selain sebagai penurun tekanan darah, ternyata kulit buah semangka mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan pengidap anemia untuk memproduksi sel darah merah.

Resep kulit semangka untuk dikonsumsi
Hanya kulit semangka yang berwarna putih yang dikonsumsi

Cara Mengkonsumsi Kulit Semangka:


Saya bingung mau menjelaskan seperti apa cara mengkonsumsi kulit semangka ini, kenapa tidak bingung, faktanya memang kulit semangka masih belum menjadi hal wajar untuk dikonsumsi oleh masyarakat indonesia pada umumnya.

Mau dimakan langsung boleh, dibuat jus lalu disaring dan hanya diminum sari airnya saja boleh, di buat campuran salad buah juga lebih enak. Yang pasti anda suka dan merasa nyaman untuk mengkonsumsinya.

Namun wajib digaris bawahi ya, kulit semangka yang dikonsumsi adalah putih kulitnya saja bukan dengan lapisan kulit luarnya yang berwarna hijau atau kuning. 

Jadi kulit terluar buah semangka sebaiknya dibuang atau dikupas tipis.
Itulah yang bisa saya tulis untuk hari ini. Kurang lebihnya kami mohon maaf. Karena memang keterbatasan ilmu yang kami miliki.

Kalau artikel kami bermanfaat, jangan lupa share ke media sosial kamu, agar kita semua tahu ternyata banyak manfaat yang ada dalam kulit semangka ini.

Kata orang "Sekecil apapun ilmu, pasti akan bermanfaat bagi orang lain, karena hal kecil menurut pandangan kita, bisa jadi bernilai besar untuk orang lain".Terimakasih...

0 Response to "Kulit Semangka Kok Dimakan, Apa Manfaatnya? Ternyata Ini Alasanya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel