29 Manfaat Buah Plum Lengkap Untuk Kesehatan

Buahpedia.com - Halo sis apa kabar ? Semoga baik semua yah.

Adakah yang sudah pernah mencicipi buah plum? Ehmm, sepertinya mayoritas atau kebanyakan orang Indonesia belum pernah makan buah yang satu ini.

Buah plum mungkin masih kurang dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia. Padahal manfaat buah plum sangat banyak.

Diet buah plum mungkin sering kamu dengar khasiatnya. Tapi, apakah manfaat buah plum hanya untuk diet?.

Selain untuk diet manfaat kesehatan dari buah plum seperti mengurangi gangguan pencernaan, infeksi dan influenza.

Plum masih satu keluarga dengan buah persik dan aprikot. Ternyata ada banyak manfaat buah plum untuk kesehatan.

Oke kali ini kami akan membahas buah yang lagi viral banget, yaitu buah plum.dan kali ini kami akan memberikan rangkuman lengkap tentang Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Buah plum atau (Prunus Domestica) adalah buah yang radanya lezat yang masih sangat jarang ditemui di indonesia, mungkin karena belum ada yang membudidayakanya di sini ya.

Buah plum tersedia dalam banyak varietas dan beberapa varietas yang paling populer adalah Plum Eropa, Damson, Jepang dan Amerika.

Buah plum memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik seperti nutrient, mineral, fitonutrien, flavonoid, antioksidan, dll dan kehadiran senyawa ini membuat buah ini luar biasa bermanfaat bagi kita. Dalam artikel ini, Buahpedia.com akan memberikan rangkuman lengkap tentang  manfaat utama buah plum untuk kesehatan dan manfaat buah plum untuk kecantikan. Apa saja itu? Yuk simak.

Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Versi Buahpedia.com

Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Versi Buahpedia.com

 

1. Sebagai anti oksidan alami


Plum sangat efektif dalam melindungi sel tubuh kita dari kerusakan oksidatif karena adanya sejumlah antioksidan (vitamin C) dan phytonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, Neo klorogenik dan asam klorogenat hadir dalam buah plum ini yang berfungsi melawan radikal bebas atau ion tubuh kita menstabilkan dan dengan demikian mencegah dari kerusakan sel-sel tubuh kita, termasuk lemak esensial dalam neuron dan membran sel.

Stres oksidatif bisa menjadi penyebab dari banyak masalah serius seperti kanker dan dengan cara ini, mengkonsumsi plum juga melindungi kita dari risiko kanker.

2. Membantu dalam penurunan berat badan dan mengobati obesitas


Mengkonsumsi Plum sangat bermanfaat bagi orang yang berjuang dengan obesitas karena sangat efektif untuk pengobatan obesitas dan komplikasi yang terkait dengan obesitas.
Manfaat ini adalah karena adanya senyawa bioaktif seperti flavonoid dan senyawa fenolik seperti anthocyanin, asam klorogenat, Quercetin dan Katekin hadir di dalam buah plum ini.

Kehadiran senyawa ini membantu untuk melawan sindrom metabolik dan dengan demikian membantu dalam penurunan berat badan, cocok sekali ya sis..untuk program diet.
Hal ini juga menyediakan manfaat anti-inflamasi sel tubuh kita, termasuk sel lemak dan dengan demikian mencegah kita dari efek sakit lain obesitas.

Beberapa masalah kesehatan utama yang terkait dengan obesitas (atau yang dapat memicu karena obesitas) adalah diabetes, penyakit kardiovaskular, masalah ginjal, masalah kolesterol, efek buruk pada kesehatan reproduksi dan sebagainya.

Buah plum juga merupakan sumber yang baik dari serat makanan dan yang juga memainkan peran penting dalam penurunan berat badan karena plum membantu kita merasa lebih kenyang untuk waktu yang lama dan mengurangi dorongan kita untuk makan lagi dan lagi.
Sebagai makan berlebihan adalah besar obesitas sehingga cara ini, Serat makanan membantu dalam penurunan berat badan.

3. Baik untuk orang yang menderita diabetes


Buah plum sangat bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes karena indeks glikemik yang rendah. Mengkonsumsi buah plum membantu dalam pengurangan kadar glukosa dan trigliserida darah dalam tubuh kita.

Indeks Glikemik Plum adalah 24 yang berarti gula dalam buah dilepaskan perlahan-lahan ke dalam aliran darah dan ini juga membantu dalam mengendalikan diabetes.
Terlepas dari ini, flavonoid hadir dalam buah plum memberikan perlindungan terhadap resistensi insulin dan ini membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh kita.
Kehadiran serat makanan dalam Plum juga memainkan peran positif dalam pengendalian diabetes.

4. Mencegah osteoporosis


Ini juga sangat penting sis...mengkonsumsi secara teratur buah plum sangat bermanfaat untuk tulang kita karena menjaga tulang kita sehat dan juga mengurangi risiko perkembangan osteoporosis.
Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana tulang kita yang normal bisa lemah, dan rapuh karena hilangnya jaringan tulang, terutama karena kekurangan vitamin C dan vitamin D.

Kalium dan polifenol hadir dalam Plum membuat tulang kita lebih kuat dan meningkatkan kepadatan tulang, dan kehadiran flavonoid seperti asam caffeic dan rutin di Plum melindungi tulang kita dari kerusakan dan dengan demikian mengurangi risiko osteoporosis.

Plum juga mencegah hilangnya tulang yang disebabkan oleh kekurangan hormon ovarium. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi Plum kering secara teratur juga membantu dalam memulihkan kepadatan tulang yang telah hilang akibat penuaan.

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan


Konsumsi rutin buah plum sangat bermanfaat untuk perut kita karena membantu dalam menjaga sistem pencernaan kita sehat, karena adanya serat makanan dan senyawa lain seperti Sorbitol dan isatin di dalamnya.

Senyawa ini sangat efektif dalam menjaga sistem pencernaan kita sehat dan untuk memberikan bantuan dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

Senyawa ini bertindak sebagai pencahar alami dan memastikan bahwa bahan limbah akan diekskresikan keluar dari perut kita dengan mudah dan efisien, dan tidak menempatkan beban pada sistem pencernaan.

6. Perlindungan terhadap penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson


Menurut beberapa studi, Makan buah plum baik untuk otak kita karena jumlah senyawa seperti flavonoid dan phytonutrien hadir di dalamnya.

Kehadiran senyawa ini membuat Plum sangat bermanfaat untuk melindungi kita terhadap gangguan kognitif yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer dan Parkinson's Disease.
Para phytonutrien hadir dalam Plum mengurangi peradangan di daerah neurologis dan membantu dalam meningkatkan fungsi memori seperti belajar.

7. Baik untuk sistem saraf


Konsumsi secara teratur Plum sangat bermanfaat bagi sistem saraf tubuh karena adanya vitamin B-6 di dalamnya.
Vitamin B-6 memainkan peran penting dalam menjaga sistem saraf kita sehat karena membantu dalam transmisi sinyal saraf dan dengan demikian membantu dalam fungsi halus dari sistem saraf.

Plum makan ini juga efektif untuk pertumbuhan normal sel otak kita dan membantu dalam pembentukan suasana hati mempengaruhi hormon.

Plums juga membantu dalam produksi neurotransmiter yang penting (serotonin) di otak kita karena adanya asam amino (triptofan) dalam plum.
Serotonin memainkan peran penting dalam tidur, nafsu makan, dan konsentrasi.

8. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular


Apa istilah diatas ya sis ? bingung ? Hehehe,Konsumsi secara teratur Plum (terutama Plum kering) baik untuk jantung kita karena membantu dalam menjaga sistem kardiovaskular kita sehat.

Makan Plum meningkatkan aliran darah di arteri kami dan ini mengurangi risiko berbagai gangguan jantung seperti serangan jantung, stroke jantung, aterosklerosis, dll. Plum juga merupakan sumber yang baik antioksidan dan flavonoid yang melindungi sistem kardiovaskular dari kerusakan oksidatif dan dengan demikian membantu dalam menjaga sehat.

Selain itu, Makan Plum juga baik untuk mengendalikan diabetes, mengatur tekanan darah, mempertahankan tingkat kolesterol, dll dan ini juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung kita.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Plum adalah sumber yang baik vitamin C yang merupakan antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.
Makan Plum secara teratur, meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan dengan demikian mengurangi risiko pengembangan berbagai penyakit dan gangguan lainya.

Sistem kekebalan tubuh kita memainkan peran penting dalam menjaga kita sehat seperti perkelahian dengan penyebab penyakit patogen dan mikroba, dan sebagai Plum meningkatkan kekebalan kita, sehingga dengan cara, melindungi kita dari banyak penyakit dan masalah kesehatan.

Dalam berbagai penelitian, mengkonsumsi Plum Oriental merangsang sistem kekebalan tubuh kita dan mendorong produksi nitrat oksida dalam badan kita. Oksida nitrat memainkan peran penting dalam mencegah pertumbuhan sel tumor, dan juga mencegah kita dari banyak penyakit lainnya.

10. Mengatur tingkat kolesterol


Makan plum kering atau Plum segar secara teratur sangat efektif dalam mempertahankan tingkat kolesterol sehat karena adanya serat makanan di buah plum.

Kehadiran serat makanan membantu dalam mengurangi kolesterol jahat (kolesterol LDL) tingkat tubuh kita dan meningkatkan produksi kolesterol baik (kolesterol HDL).

Dengan mengatur tingkat kolesterol tubuh kita, Plum mencegah kita dari risiko berbagai masalah kardiovaskular dan dari Hiperkolesterolemia (kelebihan kolesterol dalam aliran darah) dan hiperlipidemia (kelebihan lemak dalam aliran darah).

11. Menjaga kesehatan seluler


Makan Plum secara teratur sangat efektif dalam menjaga kesehatan selular kita karena adanya nutrisi penting seperti besi dan tembaga di dalamnya.

Nutrisi ini membantu dalam pembentukan sel darah merah dan juga membantu dalam pemurnian darah dan mempromosikan sirkulasi darah yang sehat.

Tembaga bekerja sebagai antioksidan dan memainkan peran penting dalam menjaga sistem saraf kita sehat dan juga membantu dalam pembentukan kolagen.

Kolagen adalah protein penting yang membantu dalam pembentukan jaringan untuk kulit, rambut, kuku, dll. Tembaga hadir dalam Plum meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh kita dan dengan demikian mencegah kita dari penyakit seperti anemia dan osteoarthritis.

12. Mengurangi kecemasan/stres oksidatif


Makan Plum secara teratur sangat bermanfaat untuk memberikan bantuan dari kecemasan & terkait gangguan dan untuk melindungi kita dari stres oksidatif, karena adanya asam klorogenat dalam plum.

13. Perlindungan terhadap virus influenza


Mengkonsumsi Plum Jepang baik dalam bentuk buah atau dalam bentuk jus sangat efektif dalam melindungi kita terhadap infeksi yang disebabkan oleh virus influenza A, karena adanya lektin seperti molekul dalam Plum Jepang.
Molekul seperti lektin ini membantu dalam pencegahan dan pengobatan infeksi yang disebabkan oleh virus manusia influenza A.

14. Bermanfaat untuk ibu hamil


Ini sangat penting ya sis bagi kita para ibu karena memakan buah plum selama kehamilan bermanfaat bagi wanita hamil dan juga untuk bayi yang tumbuh di dalam dirinya karena jumlah nutrisi seperti vitamin, mineral, fitonutrien, dll hadir dalam plum.

Meskipun senyawa ini memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan penglihatan, untuk pengembangan tulang dan jaringan yang tepat, meningkatkan kesehatan selular untuk ibu dan bayi, dan lebih banyak manfaat seperti perlindungan terhadap infeksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sebagainya.

Serat makanan yang hadir dalam Plum mencegah sembelit dan menjaga sistem pencernaan kita sehat.
Meskipun Plum yang baik untuk wanita hamil dan memberikan sejumlah manfaat penting untuk berhati-hati dan menikmati Plum dalam moderasi dan sesuai rekomendasi dari dokter.

15. Mengurangi risiko kanker


Konsumsi secara teratur Plum sangat efektif dalam melindungi kita dari risiko pengembangan berbagai jenis kanker seperti kanker hati, kanker payudara, dll karena adanya antioksidan seperti vitamin C, dan fitonutrien pada plum.

Antioksidan ini melawan ion unstabilized atau radikal bebas dari tubuh kita menstabilkan mereka dan mencegah kita dari menyebabkan kerusakan oksidatif untuk sel tubuh kita.

Beberapa studi juga telah menunjukkan bahwa komponen seperti epicatechin hadir dalam Plum membantu dalam mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker yang menular dan mempromosikan kematian sel tumor.

Antioksidan dan fitonutrien, termasuk asam klorogenat dan asam Neo-klorogenat hadir dalam plum, sangat efektif terhadap kanker payudara.

16. Menjaga keseimbangan elektrolit


Serasa kayak iklan minuman sebelah ya sis..tapi yang ini lebih alami. Ternyata mengkonsumsi Plum sangat efektif dalam menjaga keseimbangan elektrolit tubuh kita karena adanya jumlah yang baik kalium di dalamnya.

Kalium memainkan peran penting dalam mempertahankan fungsi efisien sel dan jaringan tubuh kita, dan juga mengatur kontraksi otot dan keseimbangan asam dari tubuh kita.
Kalium (sesuai kebutuhan sehari-hari oleh tubuh kita) juga memainkan peran penting dalam menjaga jantung kita sehat dan untuk melindungi kita dari berbagai masalah kardiovaskular.

17. Mencegah degenerasi makula terkait usia


Makan Plum secara teratur sangat bermanfaat untuk menjaga penglihatan yang sehat dan untuk melindungi mata kita dari degenerasi makula terkait usia, karena adanya nutrisi penting seperti vitamin A dan beta-karoten di dalamnya.

Plum tidak hanya melindungi mata kita dari degenerasi makula tetapi juga melindungi mereka dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV yang berbahaya dari matahari, karena adanya karotenoid lain seperti lutein dan zeaxanthin di dalamnya.

18. Meningkatkan pembekuan darah


Plum adalah sumber yang baik Vitamin K, yang merupakan nutrisi penting yang memfasilitasi pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan tulang.

Kekurangan Vitamin K dapat menyebabkan hilangnya darah yang berlebihan (yang dapat menyebabkan kelelahan, pusing, masalah pernapasan, dll) dan bahkan membuat tulang kita lebih lemah.

Sebagai Plum mengandung jumlah tinggi vitamin K, sehingga mereka membantu dalam pembekuan darah dan juga untuk menjaga tulang kita lebih kuat.

Manfaat Buah Plum Untuk Kecantikan
Manfaat Buah Plum Untuk Kecantikan Versi Buahpedia.com

Manfaat Buah Plum Untuk Kecantikan Versi Buahpedia.com


1. Meminimalkan bintik gelap dan bintik usia


Biasa mengkonsumsi Plum sangat bermanfaat bagi kulit kita, tetapi Alternatifnya, kita juga dapat menerapkan ekstrak plum eksternal untuk menuai manfaat yang sama.

Bintik gelap dan perubahan warna kulit adalah masalah kulit yang umum yang mempengaruhi banyak dari kita di seluruh dunia, dan ekstrak Plum sangat bermanfaat dalam mencerahkan bintik gelap, mengobati perubahan warna kulit, bintik dan untuk meminimalkan bintik usia.

Yang perlu Anda lakukan adalah secara teratur menerapkan beberapa lulur plum di wajah Anda untuk beberapa waktu dan kemudian mencuci dengan air.
Hal ini tidak hanya akan memberikan bantuan dari bintik gelap dan usia tetapi juga akan membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan sehat.

2. Mengencangkan kulit & warna kulit


Konsumsi jus Plum secara teratur membuat kesehatan kulit kita lebih baik, meremajakan penampilan kita, sangat efektif untuk meningkatkan keteataan kulit kita dan untuk membuat warna kulit kita lebih baik.

Hal ini karena tingginya tingkat vitamin C dalam prem. Vitamin C adalah antioksidan yang mempromosikan produksi kolagen dalam tubuh kita dengan meningkatkan produksi hydroxyproline dan hydroxylysine dalam tubuh kita.

Senyawa ini dua diperlukan untuk mengikat molekul yang memproduksi kolagen.
Kolagen adalah jenis protein yang memainkan peran penting dalam produksi kulit, rambut, kuku, dan jaringan.

Kekurangan kolagen dapat membuat kulit kita kusam dan tak bernyawa, tetapi Plum mencegah kulit kita dari yang tak bernyawa dan kusam. Bahkan, itu membuat kulit kita terlihat segar dan dimeremajakan.

3. Mengatasi keriput dan tanda penuaan


Regular konsumsi Plum ini sangat efektif untuk pengobatan keriput, garis halus, bintik hitam dan tanda-tanda penuaan, dan untuk menjaga penuaan dini di Teluk karena banyak antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten di dalamnya.

Antioksidan ini bertarung dengan ion unstabilized atau radikal bebas dari tubuh kita menstabilkan mereka dan mencegah sel tubuh kita (termasuk sel kulit) dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas ini.

Dengan cara ini, hal ini membantu dalam memerangi tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dll dan menjaga penuaan dini di wajah.

Sifat anti-inflamasi plum juga memainkan peran penting dalam meningkatkan elastisitas kulit kita dengan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kita dan untuk mengurangi peradangan dengan mengurangi metabolisme sel dan dengan demikian menjaga jerawat dan keriput di wajah.

4. Menyembuhkan jaringan yang rusak


Rutin mengkonsumsi Plum sangat efektif untuk penyembuhan luka cepat dan untuk mengganti jaringan yang rusak dari kulit kita karena sifat anti-inflamasi dari plum.
Hal ini meningkatkan elastisitas kulit dan meningkatkan warna kulit dan keteataan kulit.

5. Mengurangi Scar


Plum ini sangat efektif untuk meminimalkan munculnya bekas luka dengan meningkatkan aliran darah ke jaringan parut.
Hal ini juga membantu dalam pengembangan jaringan kulit baru.

6. Mencegah kerusakan sel


Makan Plum secara teratur dan dalam jumlah yang moderat sangat efektif untuk mencegah sel kulit kita dari kerusakan karena adanya anthocyanin di dalamnya.
Anthocyanin adalah antioksidan penting yang memberikan warna merah untuk plum, stroberi, dan buah berwarna merah lainnya.

7. Mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari


Makan Plum secara teratur sangat efektif untuk melindungi kita dari sinar UV yang berbahaya dari matahari dan untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari karena tingkat tinggi antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E, hadir dalam plum.
Mengkonsumsi Plum juga mendorong pertumbuhan sel baru, membuat kulit kita terlihat lebih muda, dan mencegah kulit kita dari yang kasar dan keriput karena kerusakan akibat sinar matahari.

Manfaat Buah Plum Untuk Rambut
Manfaat Buah Plum Untuk Rambut  Versi Buahpedia.com


Manfaat Buah Plum Untuk Rambut  Versi Buahpedia.com


1.Mengatasi kebotakan


Makan Plum secara teratur baik untuk rambut karena hanya mempromosikan pertumbuhan rambut, memperlakukan ketombe, kontrol rambut rontok tetapi juga karena efektif untuk pengobatan rambut rusak dalam pengobatan berbagai gangguan rambut yang dapat merusak rambut folikel dan mencegah pertumbuhan rambut yang tepat.
Manfaat ini juga membuat efektif untuk memerangi alopecia, yang menyebabkan kebotakan pada pria.

2. Mengatasi ketombe


Mengambil perawatan yang baik dari rambut tidak sama sekali tugas yang mudah karena tantangan dan masalah rambut yang terlibat di dalamnya.
Ketombe adalah salah satu tantangan atau masalah rambut yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Plum sangat efektif untuk memberikan bantuan dari ketombe karena adanya vitamin C di dalamnya.

Plum melawan bakteri hadir pada kulit kepala menenangkan kulit kepala kita dan membantu dalam menyingkirkan ketombe. Tidak diobati ketombe dan kulit bersisik dapat menghambat pertumbuhan rambut dengan menyumbat folikel rambut dan merusak mereka.
Biasa konsumsi Plum mencegah ketombe dan juga mendorong pertumbuhan rambut baru.

3. Membuat rambut kita kuat dan tebal


Regular konsumsi Plum ini sangat efektif untuk membuat rambut kita kuat dan kental karena adanya antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E di dalamnya.

Antioksidan ini melawan dengan radikal bebas dari tubuh kita, menstabilkan mereka dan dengan demikian mencegah mereka dari melakukan kerusakan pada folikel rambut kita dan kulit kepala, dan dengan demikian mencegah rambut kita dari yang lemah, rapuh dan tipis.
Vitamin E memperkuat membran sel dan mencegah radikal bebas dari menyerang folikel rambut kulit kepala kita.

4. Mencegah greying prematur rambut


Hari ini merawat rambut tidak sama sekali tugas yang mudah karena ada banyak masalah yang kita harus berurusan dengan. Masalah seperti rambut rontok, penipisan rambut, rambut beruban prematur sangat umum hari ini.

Biasa dan moderat konsumsi Plum sangat bermanfaat bagi rambut kita karena tidak hanya membantu dalam memerangi masalah rambut rontok tetapi juga membantu dalam mempertahankan warna alami rambut kita.
Ini adalah buah yang sangat berpigmen yang mencegah beruban prematur rambut kita karena tingkat tinggi nutrisi hadir di dalamnya.

Artikel yang amat panjang sekali ya sis...hehe.ternyata sangat banyak manfaat karena mengkonsumsi buah plum yang satu ini. Wajar saja kalau harganya masih tergolong mahal meskipun begitu buah ini sangat laris di pasaran sampai di jual diberbagai negara yaitu produk olahan plum kering. Kalau artikel Buahpedia.com bermanfaat jangan lupa dishare ya sis..agar teman-teman kita tahu tentang manfaat buah plum ini. terimakasih samai jumpa..

2 Responses to "29 Manfaat Buah Plum Lengkap Untuk Kesehatan"

  1. Tinggalkan komentar ya sis... jika ada pertanyaan, kritik dan saran dalam artikel kami tentang "29 Manfaat Buah Plum Lengkap Untuk Kesehatan" terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Untuk melihat artikel tentang buah plum lainya bisa anda cari dalam tombol pencarian. Terimakasih.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel